Rangkuman Bab 3 INFTK – Aisyah Rahimah S 8E (02)

A. TIK yang Mengubah Kehidupan Manusia



1.      Berbagai Kemajuan Teknologi

a. Machine Learning

Machine learning adalah teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia atau binatang, yaitu belajar dari pengalaman.

 

Machine Learning menjadi salah satu teknik kunci untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai bidang, di antaranya sebagai berikut.

1)      Komputasi keuangan untuk analisis kredit dan algortima transaksi di pasar saham.

2)      Pengolahan gambar dan computer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi objek.

3)      Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor, penemuan obat, dan penggunaan DNA.

4)      Produksi energi untuk penetuan harga dan perkiraan kebutuhan masa depan.

5)      Otomotif, pesawat udara, dan manufaktur, untuk memprediksi jadwal dan kebutuhsn pemeliaharan.

6)      Pemrosesan bahasa natural, untul aplikasi pengenalan suara.

 

b. Computer vision

Computer vision merupakan bagian dari artificial intelligence yang mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat melihat dan memahami konten gambar digital, seperti foto dan video. Algortima pada computer vision dirancang agar komputer dapat mengenali dan membedakan objek-objek yang ada dalam gambar atau video.

 

Computer vision digunakan untuk mengenali objek atau sesuatu dari gambar digital untuk berbagai tujuan, di antara lain sebagai berikut.

1)      Klasifikasi objek, mengklasifikasi objek yang ada di dalam foto.

2)      Identifikasi objek, mengidentifikasi objek yang ada dalam foto.

3)      Veriifkasi objek, memverifikasi apakah ada suatu objek di dalam foto.

4)      Deteksi objek, mendeteksi posisi suatu objek ditempatkan dalam foto.

5)      Deteksi landmark objek, digunakan untuk mengetahui poin utama dari suatu objek yang ada dalam foto.

6)      Segmentasi objek, untuk mengetahui piksel mana saja yang menjadi milih suatu objek dalam foto.

7)      Pengenalan objek (object recognition), mengenali objek dan posisinya di dalam gambar.

 

c. Natural Language Processing (NLP)

Natural Language Processing atau sering disingkat NLP adalah bagian dari teknologi artificial intelligence yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia.

 

Berikut beberapa aplikasi yang menggunakan NLP.

1)      Chatbot

2)      Program translate

3)      Analisis sentimen

4)      Search Auto-Complete

5)      Descriptive Analytic

6)      Search auto-correct

7)      Form spelling check

 

d. Jaringan 5G

Teknologi 5G diklaim mempunyai kecepatan sampai 20 Gbps saat melakukan download dan 10 Gbps saat melakukan upload. Kecepatan akses tersebut akan membuka peluang dibangunnya banyak aplikasi yang sudah tentu akan berperan mengubah gaya hidup manusia.

 

Tiga kategori utama dari penggunaan teknologi 5G:

1)      Komunikasi mesin ke mesin secara masif

2)      Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah

3)      Meningkatkan layanan telepon mobile

 

e. Internet of Things (IoT)

Internet of Things adalah teknologi yang memungkinkan bergbagai perangkat terhubung ke jaringan internet, di mana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data ke internet.

 

Penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari:

1)      Memungkinkan pengguna dapat memantau kondisi di rumah

2)      Mengendalikan lampu

3)      Mengendalikan pendingin ruangan

4)      Mengendalikan alat memasak di rumah

 

2.      Electronic Commerce

Electronis commerce/E-commerce atau perdagangan secara elektronik ada;ah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet.

 

Keuntungan E-Commerce (bagi perusahaan)

a.      Perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak orang

b.      Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi

c.       Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai banyak

d.      Harga barang yang dijual dapat dijual dengan harga yang lebih rendah. Akibatnya, lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut sehingga jumlah barang yang terjual lebih banyak

e.      Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saring peruahaan

 

Keuntungan E-Commerce (bagi konsumen)

a.      Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang.

b.      Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja

c.       Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet

d.      Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain yang mungkin belum tersedia di dalam negeri

e.      Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah

 

Marketplace adalah halaman web internet yang memungkinkan setiap penggunanya membuka toko online dan menampilkan barang-barang yang dijual di halaman web mereka

 

3.      Pembayaran online

Pembayaran online adalah layanana di internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.

Layanan finansial online memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran terhadap item-item yang dibeli dengan menggunakan akun internet yang aman.

 

4.      Internet Banking dan SMS Bangking

Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Layanan internet banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan di internet.

Internet banking memberikan banyak keuntungan kepada bank. Oleh karena para nasabah melakukan transaksi melalui internet, jumlah nasabah yang datang ke bank menjadi semakin sedikit. Dengan demikian, jumlah pegawai yang harus melayani dapat dikurangi dan luas kantor yang harus disediakan menjadi lebih kecil. Hal ini tentu akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh bank untuk membayar gaji pegawai dna sewa ruangan kantor. Keuntungan lain yang diperoleh bank adalah dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja (asalkan ada internet)

Keuntungan internet banking pada para nasabah bank adalah nasabah bank tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi sehingga dapat menghemat waktu nasabah. Selain itu, nasabah mendapat keleluasaan dan kemudahan melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja. Keuntungan lainnya adalah berkurangnya biaya untuk melakukan transaksi.

 

SMS banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Dengan alasan yang sama dengan layanan internet banking, SMS banking memberikan keuntungan kepada bank penyedia layanan dan juga nasabah yang menggunakan layanan.

 

5.      Pembayaran Digital

Pembayaran digital (digital payment) adalah metode transaksi atau pembayaran untuk barang dan jasa melalui media digital atau elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau tunai.

 

Beberapa metode pembayaran digital yang banyak digunakan saat ini, di antaranya sebagai berikut.

a.      Aplikasi Pembayaran Mobile

Aplikasi pembayaran mobile adalah metode pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ditempatkan di perangkat smartphone.

b.      Uang Digital

Uang digital (digital currencies) atau uang virtual atau dikenal juga dengan nama cryptocurrency, yaitu mata uang yang mempunyai format digital, yang dibuat dalam bentuk token atau ‘koin’.

c.       Aplikasi Pembayaran dari Media Sosial

Metode pembayaran yang disediakan oleh beberapa media sosial memudahkan pengguna media sosial untuk melakukan transaksi, mengirimkan uang antarpengguna, ataupun melakukan pembayaran ke penjual produk atau layanan tertentu.

 

6.      E-Government

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government atau e-gov (electronic government)

 

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan memberikan keuntungan kepada masyarakat penggunanya, di antaranya sebagai berikut.

a.      Meningkatkan layanan kepada masyarakat.

b.      Meningkatnya hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih mudah diperoleh.

c.       Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat sehingga membuat masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar

d.      Hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi halangan bagi dunia usaha dan masyarakat apabila berhubungan dengan pemerintah

Beberapa contoh penggunaan teknologi oleh pemerintah kota/daerah dan dari beberapa departmen untuk pelayanan yang saat ini telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

a.      Layanan pengajuan paspor online dan layanan legalisasi dokumen dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

b.      Layanan lehalisasi dokumen dan pengaduan dari Kementerian Luar Negeri

c.       Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah (SKPD), e-SDM, e-Monitoring, e-Education, e-Permit, e-Office, e-Health, e-Dishub, Media Center, dan Sistem Siaga Bencana dari Pemerintah Kota Surabaya

d.      Sistem e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Planning, e-Procurement, serta e-Monev (monitoring and evaluation)

e.      Sistem e-government Bijai Smart City (BSC) dengan 14 sistem e-gov dari Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara

f.        Aplikasi Hibah Bansos (Sabilulungan), Perizinan Online, dan Aplikasi Elektronik Remunerasi Kinerja (E-RK) dari Pemerintah Kota Bandung

 

7.      Transportasi Berbasis Online

Salah satu dampak dari kemajuan teknologi internet dan telepon mobile adalah munculnya aplikasi transportasi berbasis online. Aplikasi transportasi berbasis online dipelopori oleh Uber yang ada sejak Maret 2009. Aplikasi ini memungkinkan seorang pemilik mobil menyewakan mobilnya menjad taksi yang dipesan oleh pelanggan melalui aplikasi online. Kehadiran layanan transportasi online membawa perubahan pada cara pengguna memilik layanan transportasi.

Transportasi online juga memberikan layanan penentuan harga yang adil dan kualitas layanan yang baik.

Salah satu isu yang sering menjadi perhatian dalam memilih transportasi adalah masalah keamanan penumpang.

 

8.      Telepon Seluler (Ponsel)

Telepon seluler berkembang dari teknologi radio yang telah ada sejak tahun 1940-an. Telepon bergerak menggunakan gelombang radio telah lama digunakan di taksi, mobil polisi, dan kendaraan lainnya. Telepon ini digunakan untuk berkomunikasi antarkendaraan dan antarakendaraan dengan pusat pengendali.

Sebagai alat bantu kerja, smartphone dapat menjadi alat untuk menulis catatan, membaca dan mengirimkan email, sebagai kalkulator penghitungan, membuat dokumen, dan masih banyak lagi. Sebagai alat hiburan, smartphone dapat digunakan untuk bermain game, menonton film online, menonton video dari YouTube, dan bermain media sosial.

Smartphone juga dapat digunakan untuk memantau lingkungan, mengontrol dan mengendalikan perangkat rumah tangga, serta memantau dan mengontrol kerja mesin di pabrik industri.

Selain sebagai alat komunikasi yang dapat menghubungkan pengguna ke dunia luar, saat ini telepon seluler juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi. Pengguna dapat menambahkan aplikasi apa saja untuk keperluan apapun sesuai dengan keinginannya. Pengguna dapat menginstal aplikasi untuk belajar bahasa asing, belajar keahlian baru, dan sebagainya.

 

9.      E-Health

E-Health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Bentuk penggunaan TIK dalam bidang kesehatan mencakup pencegahan dan pendidikan, diagnosis, terapi, serta perawatan melalui teknologi digital yang tidak tergantung pada waktu dan tempat.

 

Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk beberapa peranan, di antaranya sebagai berikut.

a.      Administrasi

b.      Perawatan pasien langsung

c.       Engineering/information, systems/information, dan communications technology

d.      Informatika

e.      Penelitian/biomedicine

Beberapa aplikasi layanan kesehatan yang dilakukan dengan memanfaatkan TIK:

a.      Konsultasi Dokter Online

b.      Electronic Health Record

c.       Clinical Decision Support System (CDSS)

d.      WebMD Pain Coach

e.      Glucose Buddy

f.        uChek

g.      Clinical Trial Seek

h.      Healthy Heart 2

i.        Kardia Mobile (EKG)

j.        CDC

k.       Operasi Jarak Jauh

 

10.  Mobil Self-Driving

Teknologi self-driving memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.

 

Beberapa tujuan mobil self-driving:

a.      Kendaraan self-driving dinilai lebih aman dibandingkan kendaraan yang dikemudikan oleh manusia karena bebas dari faktor kelelahan, emosi, dan kondisi sakit.

b.      Pada saat berjalan, mobil self-driving selalu pada kondisi siaga dan aktif mengawasi lingkungan dari berbagai arah. Semua pergerakan di jalan raya terjangkau oleh pengawasan mobil self-driving.

Beberapa teknologi yang digunakan untuk membuat mobil self-driving dapat direalisasikan, di antaranya sebagai berikut.

a.      Sensor IoT

Untuk mengawasi lingkungan dan pergerakan dari benda atau orang di sekelilingnya, mobil self-driving menggunakan berbagai sensor IoT, yaitu sensor untuk pengawasan daerah blind-spot, peringatan tabrakan di bagian depan, radar, kamera, LiDAR, dan sensor ultrasonik yang saling bekerja sama sehingga kendaraan dapat bergerak secara otomati.

LiDAR adalah teknologi pengindraan jarak jauh yang menggunakan sinyal pulsa dari laser untuk mengumpulkan data sekelilingnya. Cara kerja LiDAR hampir sama dengan radar atau sonar, tetapi LiDAR menggunakan gelombang cahaya dari laser, bukan gelombang radio atau suara.

b.      Konektivitas IoT

Mobil self-driving membutuhkan data jalan dan lalu lintas, cuaca, peta, kendaraan yang berada di sekelilingnya, serta kondisi pemukaan jalan raya. Data tersebut membuat mobil dapat mengenali sekelilingnya dengan lebih baik dan dapat membuat keputusan yang lebih baik. Untuk mendapatkan data tersebut, mobil self-driving harus terhubung ke internet dengan koneksi yang baik dan tanpa delay. Oleh karena itu, kehadiran teknologi 5G dengan kecepatan akses yang sangat tinggi tanpa delay sangat mendukung untuk penerapan teknologi self driving.

c.       Algoritma Perangkat Lunak

Data yang diterima melalui internet akan dianalisis untuk menentukan keputusan yang terbaik. Mobil akan memutuskan apakah harus berhenti, berjalan, menambah kecepatan, memilih rute, dan sebaginya. Semua keputusan itu diambil setelah melakukan analisis data dengan menggunakan algoritma yang canggih. Kesalahan dalam pengambilan keputusan dapat menyebabkan kecelakaan yang berakibat fatal.

 

B. Media Sosial dan Dampak Penggunaannya

1.      Media Sosial

Saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunaanya untuk saling berinteraksi, berbagi konten, dan berkolaborasi dalam komunitas.

 

Fitur-fitur umum sosial media:

a.      Akun pengguna

b.      Profil pengguna

c.       Teman-teman, Pengikut, Grup, Hashtags, dan lain-lain

d.      News feeds

e.      Notifikasi

f.        Memperbarui atau mem-posting informasi

g.      Tombol Like dan Komentar

h.      Review, Rating, atau Sistem Voting

 

Fitur sosial media yang dapat digunakan untuk melindungi diri:

a.      Mengatur Profil dan Privasi

b.      Unfollow

c.       Unfriend

d.      Block

e.      Mematikan Notifikasi

f.        Menghentikan Komentar

g.      Mengatur Posting-an dan Komentar

 

 

2.      Manfaat Penggunaan Media Sosial

 

1)      Pengguna dapat terhubung dengan pengguna lain

2)      Membuat pengguna dapat menemukan kembali teman-teman lama yang pernah satu sekolah, tetangga lama, atau teman suatu komunitas

3)      Pengguna dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain meskipun berada pada lokasi yang berbeda

4)      Memberikan pengguna akses akan berbagai budaya, pendapat, serta nilai-nilai dari orang-orang yang berasal dari berbagai budaya dan negara yang berbeda

5)      Dapat menambah pengetahuan atau keahlian baru yang akan mendukung pengembangan pendidikan atau karir pengguna tersebut

6)      Memungkinkan pengguna memberi pendapat yang jika disukai masyarakat, dapat menjadi opini dan  pendapat yang viral

7)      Memberikan kesempatan kepada kaum minoritas, kelompok yang tertindas, atau para pejuang nilai-nilai tertentu untuk menyampaikan suara dan apa yang mereka memperjuangkan

8)      Memungkinkan orang-orang untuk berkolaborasi untuk memperjuangkan dan menyuarkan tuntutan akan layanan yang lebih baik dari pemerintah

 

 

3.      Dampak Buruk dan Bahaya Penggunaan Media Sosial

 

1)      Menimbulkan perilaku narsis dan obsesi terhadap diri sendiri

2)      Meningkatnya perilaku kasar dari peggunaanya

3)      Penyebab perilaku gugup dan depresi pada pengguna, terutama remaja, akibat menjadi korban perundungan di sosail media (cyberbullying)

 

Berbagai masalah atau tindakan berbahaya di sosial media:

a.      Spam

b.      Cyberbullying/Cyberstalking

c.       Memanipulasi Jati Diri

d.      Informasi yang berlebihan

e.      Berita Palsu/Hoaks

f.        Privacy/Security terancam

g.      Penipuan

h.      Phubbing atau tindakan di mana pengguna mengabaikan lingkungan dan memfokuskan diri pada telfon

i.        Kecanduan dan Gangguan Kesehatan

j.        Ujaran Kebencian

k.       Mengancam Presiden/Wakil Presiden

l.        Konten Negatif

m.    Penghinaan dan Pencemaran nama baik

n.      Pemerasan dan Pengancaman

 

 

4.      Etika Penggunaan Media Sosial

 

a.      Menjaga Privasi Pribadi dan Orang Lain

b.      Hati-hati Mem-posting sesuatu

c.       Memberikan komentar yang wajar dan tidak menyerang pribadi

d.      Menggunakan bahasa yang baik

e.      Tidak Mem-posting konten negatif

f.        Menghargai karya orang lain

g.      Tidak membagikan berita palsu/hoaks

h.      Menggunakan etika komunikasi yang baik

Comments

Popular posts from this blog

Etis Bermedia Sosial

Pengalaman Saat Liburan Sekolah