Rangkuman Bab 3 INFTK – Aisyah Rahimah S 8E (02)
A. TIK yang Mengubah Kehidupan Manusia
1. Berbagai Kemajuan
Teknologi
a. Machine Learning
Machine learning adalah teknik untuk menganalisis data
yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia atau
binatang, yaitu belajar dari pengalaman.
Machine Learning menjadi salah satu teknik kunci untuk
menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai bidang, di antaranya sebagai
berikut.
1) Komputasi keuangan
untuk analisis kredit dan algortima transaksi di pasar saham.
2) Pengolahan gambar dan
computer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi
objek.
3) Komputasi biologi
untuk mendeteksi tumor, penemuan obat, dan penggunaan DNA.
4) Produksi energi untuk
penetuan harga dan perkiraan kebutuhan masa depan.
5) Otomotif, pesawat
udara, dan manufaktur, untuk memprediksi jadwal dan kebutuhsn pemeliaharan.
6) Pemrosesan bahasa
natural, untul aplikasi pengenalan suara.
b. Computer vision
Computer vision merupakan bagian dari artificial
intelligence yang mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat melihat
dan memahami konten gambar digital, seperti foto dan video. Algortima pada
computer vision dirancang agar komputer dapat mengenali dan membedakan
objek-objek yang ada dalam gambar atau video.
Computer vision digunakan untuk mengenali objek atau
sesuatu dari gambar digital untuk berbagai tujuan, di antara lain sebagai
berikut.
1) Klasifikasi objek,
mengklasifikasi objek yang ada di dalam foto.
2) Identifikasi objek,
mengidentifikasi objek yang ada dalam foto.
3) Veriifkasi objek,
memverifikasi apakah ada suatu objek di dalam foto.
4) Deteksi objek,
mendeteksi posisi suatu objek ditempatkan dalam foto.
5) Deteksi landmark
objek, digunakan untuk mengetahui poin utama dari suatu objek yang ada dalam
foto.
6) Segmentasi objek,
untuk mengetahui piksel mana saja yang menjadi milih suatu objek dalam foto.
7) Pengenalan objek
(object recognition), mengenali objek dan posisinya di dalam gambar.
c. Natural Language Processing (NLP)
Natural Language Processing atau sering disingkat NLP
adalah bagian dari teknologi artificial intelligence yang memungkinkan suatu
mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia.
Berikut beberapa aplikasi yang menggunakan NLP.
1) Chatbot
2) Program translate
3) Analisis sentimen
4) Search Auto-Complete
5) Descriptive Analytic
6) Search auto-correct
7) Form spelling check
d. Jaringan 5G
Teknologi 5G diklaim mempunyai kecepatan sampai 20
Gbps saat melakukan download dan 10 Gbps saat melakukan upload. Kecepatan akses
tersebut akan membuka peluang dibangunnya banyak aplikasi yang sudah tentu akan
berperan mengubah gaya hidup manusia.
Tiga kategori utama dari penggunaan teknologi 5G:
1) Komunikasi mesin ke
mesin secara masif
2) Komunikasi
ultra-reliable dengan latensi rendah
3) Meningkatkan layanan
telepon mobile
e. Internet of Things (IoT)
Internet of Things adalah teknologi yang memungkinkan
bergbagai perangkat terhubung ke jaringan internet, di mana perangkat tersebut
memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data ke internet.
Penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari:
1) Memungkinkan pengguna
dapat memantau kondisi di rumah
2) Mengendalikan lampu
3) Mengendalikan
pendingin ruangan
4) Mengendalikan alat
memasak di rumah
2. Electronic Commerce
Electronis commerce/E-commerce atau perdagangan secara
elektronik ada;ah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan
telekomunikasi, terutama internet.
Keuntungan E-Commerce (bagi perusahaan)
a. Perusahaan dapat menjual
produknya kepada lebih banyak orang
b. Perusahaan tidak perlu
membuka banyak cabang distribusi
c. Mengurangi biaya yang
dikeluarkan perusahaan karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang
besar dan pegawai banyak
d. Harga barang yang dijual
dapat dijual dengan harga yang lebih rendah. Akibatnya, lebih banyak konsumen
yang dapat menjangkau harga barang tersebut sehingga jumlah barang yang terjual
lebih banyak
e. Barang yang dijual lebih
murah dapat meningkatkan daya saring peruahaan
Keuntungan E-Commerce (bagi konsumen)
a. Konsumen tidak perlu
mendatangi toko untuk mendapatkan barang.
b. Pembeli dapat menghemat
waktu dan biaya transportasi berbelanja
c. Mempunyai lebih banyak
pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet
d. Dapat membeli barang
yang terdapat di negara lain yang mungkin belum tersedia di dalam negeri
e. Harga barang yang
dibeli menjadi lebih murah
Marketplace adalah halaman web internet yang memungkinkan
setiap penggunanya membuka toko online dan menampilkan barang-barang yang
dijual di halaman web mereka
3. Pembayaran online
Pembayaran online adalah layanana di internet yang
memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan
transaksi di internet.
Layanan finansial online memungkinkan penggunanya
melakukan pembayaran terhadap item-item yang dibeli dengan menggunakan akun internet
yang aman.
4. Internet Banking dan
SMS Bangking
Internet banking adalah layanan perbankan yang
dilakukan dengan menggunakan internet. Layanan internet banking memungkinkan
para nasabah bank melakukan transaksi perbankan di internet.
Internet banking memberikan banyak keuntungan kepada
bank. Oleh karena para nasabah melakukan transaksi melalui internet, jumlah
nasabah yang datang ke bank menjadi semakin sedikit. Dengan demikian, jumlah
pegawai yang harus melayani dapat dikurangi dan luas kantor yang harus disediakan
menjadi lebih kecil. Hal ini tentu akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan
oleh bank untuk membayar gaji pegawai dna sewa ruangan kantor. Keuntungan lain yang
diperoleh bank adalah dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk
melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja (asalkan ada internet)
Keuntungan internet banking pada para nasabah bank adalah
nasabah bank tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi sehingga
dapat menghemat waktu nasabah. Selain itu, nasabah mendapat keleluasaan dan
kemudahan melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja. Keuntungan lainnya
adalah berkurangnya biaya untuk melakukan transaksi.
SMS banking adalah layanan perbankan dari bank yang
dilakukan dengan menggunakan SMS. Dengan alasan yang sama dengan layanan internet
banking, SMS banking memberikan keuntungan kepada bank penyedia layanan dan
juga nasabah yang menggunakan layanan.
5. Pembayaran Digital
Pembayaran digital (digital payment) adalah metode
transaksi atau pembayaran untuk barang dan jasa melalui media digital atau elektronik,
tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau tunai.
Beberapa metode pembayaran digital yang banyak
digunakan saat ini, di antaranya sebagai berikut.
a. Aplikasi Pembayaran
Mobile
Aplikasi pembayaran mobile adalah metode pembayaran
yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ditempatkan di perangkat
smartphone.
b. Uang Digital
Uang digital (digital currencies) atau uang virtual
atau dikenal juga dengan nama cryptocurrency, yaitu mata uang yang mempunyai
format digital, yang dibuat dalam bentuk token atau ‘koin’.
c. Aplikasi Pembayaran
dari Media Sosial
Metode pembayaran yang disediakan oleh beberapa media
sosial memudahkan pengguna media sosial untuk melakukan transaksi, mengirimkan
uang antarpengguna, ataupun melakukan pembayaran ke penjual produk atau layanan
tertentu.
6. E-Government
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government atau e-gov (electronic
government)
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
bidang pemerintahan memberikan keuntungan kepada masyarakat penggunanya, di
antaranya sebagai berikut.
a. Meningkatkan layanan
kepada masyarakat.
b. Meningkatnya hubungan
antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih
mudah diperoleh.
c. Tersedianya informasi
yang mudah diakses oleh masyarakat sehingga membuat masyarakat dapat mengambil
keputusan dengan benar
d. Hilangnya birokrasi
yang selama ini menjadi halangan bagi dunia usaha dan masyarakat apabila
berhubungan dengan pemerintah
Beberapa contoh penggunaan teknologi oleh pemerintah kota/daerah
dan dari beberapa departmen untuk pelayanan yang saat ini telah dapat
dimanfaatkan oleh masyarakat.
a. Layanan pengajuan
paspor online dan layanan legalisasi dokumen dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi
Manusia.
b. Layanan lehalisasi
dokumen dan pengaduan dari Kementerian Luar Negeri
c. Sistem Pengelolaan Keuangan
Daerah (SKPD), e-SDM, e-Monitoring, e-Education, e-Permit, e-Office, e-Health,
e-Dishub, Media Center, dan Sistem Siaga Bencana dari Pemerintah Kota Surabaya
d.
Sistem e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Planning, e-Procurement, serta e-Monev
(monitoring and evaluation)
e.
Sistem e-government Bijai Smart City (BSC) dengan 14 sistem e-gov dari
Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara
f.
Aplikasi Hibah Bansos (Sabilulungan), Perizinan Online, dan Aplikasi
Elektronik Remunerasi Kinerja (E-RK) dari Pemerintah Kota Bandung
7. Transportasi Berbasis
Online
Salah satu dampak dari kemajuan teknologi internet dan
telepon mobile adalah munculnya aplikasi transportasi berbasis online. Aplikasi
transportasi berbasis online dipelopori oleh Uber yang ada sejak Maret 2009.
Aplikasi ini memungkinkan seorang pemilik mobil menyewakan mobilnya menjad taksi
yang dipesan oleh pelanggan melalui aplikasi online. Kehadiran layanan transportasi
online membawa perubahan pada cara pengguna memilik layanan transportasi.
Transportasi online juga memberikan layanan penentuan
harga yang adil dan kualitas layanan yang baik.
Salah satu isu yang sering menjadi perhatian dalam
memilih transportasi adalah masalah keamanan penumpang.
8. Telepon Seluler
(Ponsel)
Telepon seluler berkembang dari teknologi radio yang
telah ada sejak tahun 1940-an. Telepon bergerak menggunakan gelombang radio
telah lama digunakan di taksi, mobil polisi, dan kendaraan lainnya. Telepon ini
digunakan untuk berkomunikasi antarkendaraan dan antarakendaraan dengan pusat
pengendali.
Sebagai alat bantu kerja, smartphone dapat menjadi
alat untuk menulis catatan, membaca dan mengirimkan email, sebagai kalkulator
penghitungan, membuat dokumen, dan masih banyak lagi. Sebagai alat hiburan,
smartphone dapat digunakan untuk bermain game, menonton film online, menonton
video dari YouTube, dan bermain media sosial.
Smartphone juga dapat digunakan untuk memantau
lingkungan, mengontrol dan mengendalikan perangkat rumah tangga, serta memantau
dan mengontrol kerja mesin di pabrik industri.
Selain sebagai alat komunikasi yang dapat
menghubungkan pengguna ke dunia luar, saat ini telepon seluler juga dilengkapi
dengan berbagai aplikasi. Pengguna dapat menambahkan aplikasi apa saja untuk
keperluan apapun sesuai dengan keinginannya. Pengguna dapat menginstal aplikasi
untuk belajar bahasa asing, belajar keahlian baru, dan sebagainya.
9. E-Health
E-Health adalah penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Bentuk penggunaan
TIK dalam bidang kesehatan mencakup pencegahan dan pendidikan, diagnosis,
terapi, serta perawatan melalui teknologi digital yang tidak tergantung pada
waktu dan tempat.
Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi
digunakan untuk beberapa peranan, di antaranya sebagai berikut.
a. Administrasi
b. Perawatan pasien langsung
c. Engineering/information,
systems/information, dan communications technology
d. Informatika
e. Penelitian/biomedicine
Beberapa aplikasi layanan kesehatan yang dilakukan
dengan memanfaatkan TIK:
a. Konsultasi Dokter Online
b. Electronic Health
Record
c. Clinical Decision
Support System (CDSS)
d. WebMD Pain Coach
e. Glucose Buddy
f.
uChek
g. Clinical Trial Seek
h. Healthy Heart 2
i.
Kardia Mobile (EKG)
j.
CDC
k. Operasi Jarak Jauh
10. Mobil Self-Driving
Teknologi self-driving memungkinkan kendaraan bergerak
sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.
Beberapa tujuan mobil self-driving:
a. Kendaraan self-driving
dinilai lebih aman dibandingkan kendaraan yang dikemudikan oleh manusia karena
bebas dari faktor kelelahan, emosi, dan kondisi sakit.
b. Pada saat berjalan,
mobil self-driving selalu pada kondisi siaga dan aktif mengawasi lingkungan
dari berbagai arah. Semua pergerakan di jalan raya terjangkau oleh pengawasan
mobil self-driving.
Beberapa teknologi yang digunakan untuk membuat mobil
self-driving dapat direalisasikan, di antaranya sebagai berikut.
a. Sensor IoT
Untuk mengawasi lingkungan dan pergerakan dari benda atau
orang di sekelilingnya, mobil self-driving menggunakan berbagai sensor IoT, yaitu
sensor untuk pengawasan daerah blind-spot, peringatan tabrakan di bagian depan,
radar, kamera, LiDAR, dan sensor ultrasonik yang saling bekerja sama sehingga
kendaraan dapat bergerak secara otomati.
LiDAR adalah teknologi pengindraan jarak jauh yang
menggunakan sinyal pulsa dari laser untuk mengumpulkan data sekelilingnya. Cara
kerja LiDAR hampir sama dengan radar atau sonar, tetapi LiDAR menggunakan
gelombang cahaya dari laser, bukan gelombang radio atau suara.
b. Konektivitas IoT
Mobil self-driving membutuhkan data jalan dan lalu
lintas, cuaca, peta, kendaraan yang berada di sekelilingnya, serta kondisi
pemukaan jalan raya. Data tersebut membuat mobil dapat mengenali sekelilingnya
dengan lebih baik dan dapat membuat keputusan yang lebih baik. Untuk mendapatkan
data tersebut, mobil self-driving harus terhubung ke internet dengan koneksi
yang baik dan tanpa delay. Oleh karena itu, kehadiran teknologi 5G dengan kecepatan
akses yang sangat tinggi tanpa delay sangat mendukung untuk penerapan teknologi
self driving.
c. Algoritma Perangkat
Lunak
Data yang diterima melalui internet akan dianalisis
untuk menentukan keputusan yang terbaik. Mobil akan memutuskan apakah harus
berhenti, berjalan, menambah kecepatan, memilih rute, dan sebaginya. Semua keputusan
itu diambil setelah melakukan analisis data dengan menggunakan algoritma yang
canggih. Kesalahan dalam pengambilan keputusan dapat menyebabkan kecelakaan
yang berakibat fatal.
B. Media Sosial dan Dampak Penggunaannya
1.
Media Sosial
Saluran
komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunaanya
untuk saling berinteraksi, berbagi konten, dan berkolaborasi dalam komunitas.
Fitur-fitur
umum sosial media:
a.
Akun pengguna
b.
Profil pengguna
c.
Teman-teman, Pengikut, Grup, Hashtags, dan lain-lain
d.
News feeds
e.
Notifikasi
f.
Memperbarui atau mem-posting informasi
g.
Tombol Like dan Komentar
h.
Review, Rating, atau Sistem Voting
Fitur sosial
media yang dapat digunakan untuk melindungi diri:
a.
Mengatur Profil dan Privasi
b.
Unfollow
c.
Unfriend
d.
Block
e.
Mematikan Notifikasi
f.
Menghentikan Komentar
g.
Mengatur Posting-an dan Komentar
2.
Manfaat Penggunaan Media Sosial
1)
Pengguna dapat terhubung dengan pengguna lain
2)
Membuat pengguna dapat menemukan kembali teman-teman lama yang pernah
satu sekolah, tetangga lama, atau teman suatu komunitas
3)
Pengguna dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain meskipun berada
pada lokasi yang berbeda
4)
Memberikan pengguna akses akan berbagai budaya, pendapat, serta
nilai-nilai dari orang-orang yang berasal dari berbagai budaya dan negara yang
berbeda
5)
Dapat menambah pengetahuan atau keahlian baru yang akan mendukung
pengembangan pendidikan atau karir pengguna tersebut
6)
Memungkinkan pengguna memberi pendapat yang jika disukai masyarakat,
dapat menjadi opini dan pendapat yang
viral
7)
Memberikan kesempatan kepada kaum minoritas, kelompok yang tertindas,
atau para pejuang nilai-nilai tertentu untuk menyampaikan suara dan apa yang
mereka memperjuangkan
8)
Memungkinkan orang-orang untuk berkolaborasi untuk memperjuangkan dan
menyuarkan tuntutan akan layanan yang lebih baik dari pemerintah
3.
Dampak Buruk dan Bahaya Penggunaan Media Sosial
1)
Menimbulkan perilaku narsis dan obsesi terhadap diri sendiri
2)
Meningkatnya perilaku kasar dari peggunaanya
3)
Penyebab perilaku gugup dan depresi pada pengguna, terutama remaja,
akibat menjadi korban perundungan di sosail media (cyberbullying)
Berbagai
masalah atau tindakan berbahaya di sosial media:
a.
Spam
b.
Cyberbullying/Cyberstalking
c.
Memanipulasi Jati Diri
d.
Informasi yang berlebihan
e.
Berita Palsu/Hoaks
f.
Privacy/Security terancam
g.
Penipuan
h.
Phubbing atau tindakan di mana pengguna mengabaikan lingkungan dan memfokuskan
diri pada telfon
i.
Kecanduan dan Gangguan Kesehatan
j.
Ujaran Kebencian
k.
Mengancam Presiden/Wakil Presiden
l.
Konten Negatif
m.
Penghinaan dan Pencemaran nama baik
n.
Pemerasan dan Pengancaman
4.
Etika Penggunaan Media Sosial
a.
Menjaga Privasi Pribadi dan Orang Lain
b.
Hati-hati Mem-posting sesuatu
c.
Memberikan komentar yang wajar dan tidak menyerang pribadi
d.
Menggunakan bahasa yang baik
e.
Tidak Mem-posting konten negatif
f.
Menghargai karya orang lain
g.
Tidak membagikan berita palsu/hoaks
h.
Menggunakan etika komunikasi yang baik
Comments
Post a Comment