Tugas Essay Kelas 8
Tugas Essay Kelas 8
1. Apakah yang dimaksud
algoritma dan perancangan algoritma?
Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan.
Perancangan algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk
menyelesaikan masalah pemograman komputer
2. Ada 2 cara yang dapat digunakan
untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan
benar!
Pseudocode: Rangkaian instruksi yang
menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
Flowchart: Diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan symbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda-beda.
3. Bagaimana cara memprogram
robot? Jelaskan proses algoritmanya!
Cara membuat program untuk robot visual yang akan berkerja membuat
tulisan “I am Programmer” :
1.
Jalankan program RoboMind
2.
Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File,
klik perintah Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan
3.
Pilihlah map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Map baru
akan ditampilkan di jendela RobotMind
4.
Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara
berulang, seperti huruf A, M, dan R. Oleh karena itu, perintah untuk menuliskan
huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil
berulang-ulang dan kita tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali. Kode
program untuk membuat Procedure ketiga huruf tersebut adalah sebagai berikut.
Procedure A()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right.
Forward(2)
Right
Forward(2)
Backward
Right
Forward(2)
StopPainting
}
Procedure M()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right.
Forward(1)
Right
Forward(1)
Backward(1)
Left
Forward(1)
Right
Forward(2)
StopPainting
}
Procedure R()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
Forward(1)
Left
Forward
StopPainting
}
5.
Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi
awal untuk menuliskan huruf I.
Forward(3)
Left
Forward(8)
right
6.
Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot
menuliskan huruf I.
#Huruf I
PaintWhite
Forward(2)
StopPainting
7.
Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot di
posisi awal menuliskan huruf A.
Right
Forward(2)
Left
Backward(2)
8.
Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot
menuliskan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menuliskan huruf A dengan cara
memanggil Procedure A
#Huruf A
A()
9.
Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode
program selanjutnya adalah sebagai berikut
Backward(3)
Right
Backward
#Buat Huruf M
M()
Left
Forward(2)
Left
#Huruf P
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
StopPainting
Backward(3)
Right
Backward(1)
#Huruf R
R()
Left
Forward(2)
Left
#Huruf )
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
StopPainting
Forward(15)
Left
Forward(3)
Left
Forward
#Huruf G
PaintWhite
Forward(1)
Right
Forward
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
StopPainting
Forward
Left
Backward(2)
#Huruf R
R()
Left
Forward(2)
Left
#Huruf A
A()
Backward(3)
Right
Backward
#Huruf M
M()
Right
Forward11)
Right
Backward(4)
#Buat Huruf M
M()
Left
Forward
#Huruf E
PaintWhite
Forward(2)
Backward(2)
Left
Forward
Right
Forward
Backward
Left
Forward
Right
Forward(2)
StopPainting
Forward
Left
Backward(2)
#Huruf R
R()
Left
Forward(2)
Left
10. Untuk melihat apakah kode program
bekerja dengan baik, jalankan program tersebut.
11.Jika program sudah bekerja dengan
baik, simpanlah pekerjaan kamu.
4. Apa yang dimaksud dengan
variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
Variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut
dapat berubah-ubah.
Tipe data akan menentukan nilai seperti apa yang disimpan oleh variable tersebut
5. Bagaimana cara menggunakan
variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat dilakukan seperti
ini:
string nama;
int umur;
char jenis_kelamin
Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama
variabelnya. Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong) karena
belum diisi.
6. Jelaskan tiga tipe data yang
dapat digunakan di scratch!
Tipe data Boolean: Tipe data ini hanya digunakan
untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False.
Tipe data numerik: Digunakan untuk menyimpan
nilai yang berupa bilangan atau angka.
Tipe data teks/string: Digunakan untuk
menyimpan nilai yang berupa teks.
7. Jelaskan perbedaan antara
tipe data numerik dengan teks!
Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan
atau angka sedangkan tipe data teks digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa
teks.
8. Tuliskan algoritma untuk
menuliskan namamu menggunakan RoboMind
Procedure A()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Backward
Right
Forward(2)
StopPainting
}
Forward(3)
Left
Forward(8)
Right
#Huruf N
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
StopPainting
Left
Forward(2)
Left
#Huruf A
A()
Backward(3)
Right
Backward
#Huruf R
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
Backward(1)
Left
Forward
StopPainting
Left
Forward(2)
Left
#Huruf A
A()
Right
Forward(2)
Right
9. Jelaskan tujuan
tipe data Boolean yang digunakan!
Tipe data Boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau
untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.
10. Tuliskan kode
program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind
Forward(3)
Left
Forward(8)
Right
#Huruf A
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
Backward
Right
Forward(2)
StopPainting
Backward(3)
Right
Backward
#Huruf R
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
Backward(1)
Left
Forward
StopPainting
Left
Forward(2)
#Huruf S
PaintWhite
Forward(2)
Left
Forward
Left
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
StopPainting
Comments
Post a Comment