Tugas Essay Kelas 8

 

Tugas Essay Kelas 8

 

1.     Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan.

Perancangan algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemograman komputer

 

2.     Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

Pseudocode: Rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.



Flowchart: Diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan symbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda-beda.




3.     Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

Cara membuat program untuk robot visual yang akan berkerja membuat tulisan “I am Programmer” :

1.     Jalankan program RoboMind

2.     Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik perintah Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan

3.     Pilihlah map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Map baru akan ditampilkan di jendela RobotMind

4.     Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Oleh karena itu, perintah untuk menuliskan huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang-ulang dan kita tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali. Kode program untuk membuat Procedure ketiga huruf tersebut adalah sebagai berikut.

Procedure A()

{

PaintWhite

Forward(2)

Right.

Forward(2)

Right

Forward(2)

Backward

Right

Forward(2)

StopPainting

}

 

Procedure M()

{

PaintWhite

Forward(2)

Right.

Forward(1)

Right

Forward(1)

Backward(1)

Left

Forward(1)

Right

Forward(2)

StopPainting

}

 

Procedure R()

{

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward

Right

Forward(2)

Forward(1)

Left

Forward

StopPainting
}

 

5.     Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf I.

Forward(3)

Left

Forward(8)

right

6.     Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf I.

#Huruf I

PaintWhite

Forward(2)

StopPainting

7.     Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot di posisi awal menuliskan huruf A.

Right

Forward(2)

Left

Backward(2)

8.     Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menuliskan huruf A dengan cara memanggil Procedure A

#Huruf A

A()

9.     Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode program selanjutnya adalah sebagai berikut

Backward(3)

Right

Backward

 

#Buat Huruf M

M()

 

Left

Forward(2)

Left

 

#Huruf P

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Backward(3)

Right

Backward(1)

 

#Huruf R

R()

Left

Forward(2)

Left

 

#Huruf )

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Forward(15)

Left

Forward(3)

Left

Forward

 

#Huruf G

PaintWhite

Forward(1)

Right

Forward

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Forward

Left

Backward(2)

 

#Huruf R

R()

 

Left

Forward(2)

Left

 

#Huruf A

A()

 

Backward(3)

Right

Backward

 

#Huruf M

M()

 

Right

Forward11)

Right

Backward(4)

 

#Buat Huruf M

M()

Left

Forward

 

#Huruf E

PaintWhite

Forward(2)

Backward(2)

Left

Forward

Right

Forward

Backward

Left

Forward

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Forward

Left

Backward(2)

 

#Huruf R

R()

 

Left

Forward(2)

Left

 

10. Untuk melihat apakah kode program bekerja dengan baik, jalankan program tersebut.

11.Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.

 

4.     Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

Variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah.

 

Tipe data akan menentukan nilai seperti apa yang disimpan oleh variable tersebut

 

5.     Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat dilakukan seperti ini:

string nama;

int umur;

char jenis_kelamin

 

Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya. Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong) karena belum diisi.

 

6.     Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

Tipe data Boolean: Tipe data ini hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False.

Tipe data numerik: Digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka.

Tipe data teks/string: Digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.

 

7.     Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka sedangkan tipe data teks digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.

8.     Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind

Procedure A()

{

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Backward

Right

Forward(2)

StopPainting

}

 

Forward(3)

Left

Forward(8)

Right

 

#Huruf N

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Left

Forward(2)

Left

 

#Huruf A

A()

Backward(3)

Right

Backward

 

#Huruf R

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward

Right

Forward(2)

Backward(1)

Left

Forward

StopPainting

 

Left

Forward(2)

Left

 

#Huruf A
A()

 

Right

Forward(2)

Right

9.     Jelaskan tujuan tipe data Boolean yang digunakan!

Tipe data Boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.

 

10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind

Forward(3)

Left
Forward(8)

Right

 

#Huruf A

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

Backward

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Backward(3)

Right

Backward

 

#Huruf R

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward

Right

Forward(2)

Backward(1)

Left

Forward

StopPainting

 

Left

Forward(2)

 

#Huruf S

PaintWhite

Forward(2)

Left

Forward

Left

Forward(2)

Right

Forward

Right

Forward(2)

StopPainting

Comments

Popular posts from this blog

Etis Bermedia Sosial

Pengalaman Saat Liburan Sekolah