DigiLabs 2020

 

DigiLabs 2020

 

Assalamualaikum wr wb. Saya Aisyah Rahimah Salwa dari kelas  8E absen 2. Saya akan menceritakan tentang pengalaman saya di Digital Labs atau bisa disingkat menjadi DigiLabs. DigiLabs adalah kegiatan di mana para siswa SMP Labschool Jakarta belajar tentang hal-hal yang terkait dengan teknologi. Untuk kelas 8 materi yang disampaikan adalah diskusi tentang kreativitas digital. Zoom meeting untuk DigiLabs dibuka jam 06:45 kemudian ceramah umum oleh kak Firman Ramdhani dimulai jam 07:00 sampai jam 09:30 kemudian acara DigiLabs mulai lagi jam 10:00 hingga jam 12:00. Saat kita di zoom kita disuruh menyalakan video zoom dan menggunakan virtual background yang sudah dikasih serta menuliskan nama zoom sesuai format yang sudah di tentukan.

 



 Narasumber untuk DigiLabs 2020 kelas 8 adalah Ibu Ninin Musa dan Bapak Deswara Aulia. Sebelum melaksanakan acara DigiLabs kita harus mendengarkan pembukaan yang terdiri oleh sambutan-sambutan dan doa. Kemudian setiap Angkatan dipindahkan ke breakout room masing-masing untuk mendengarkan ceramah umum. Narasumber untuk ceramah umum kelas delapan adalah kak Firman Ramdhani. Materi yang disampaikan pada saat ceramah umum/dialog interaktif adalah “Bijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19. Kita diajarkan tentang dampak internet bagi remaja dan juga cara untuk memanfaatkan internet dengan baik. Kita juga ditanyakan beberapa hal melalui website Menti. Setelah ceramah umum/dialog interaktif kita istirahat selama 30 menit.



Setelah istirahat kita melaksanakan kegiatan DigiLabs pada pukul 10:00. Materi untuk DigiLabs kelas 8 disampaikan oleh Ibu Ninin Musa dan Bapak Deswara Aulia. Materi yang disampaikan oleh Ibu Ninin Musa berkaitan tentang sinematografi seperti process pembuatan film, hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat film, dll. Inti dari materi yang disampaikan oleh Ibu Ninin adalah sinematografi, pembuatan film, dan aspek-aspek dalam pembuatan film. Salah satu contoh karya Ibu Ninin yang terkenal adalah film horor “The Sacred Riana” yang sering muncul di acara TV Asia’s Got Talent. Contoh karya lain Ibu NInin adalah film Galih dan Ratna serta film Lily: Bunga Terakhirku.

 

Kemudian kita diajarkan tentang dunia animasi oleh Bapak Deswari Aulia. Kita diajarkan tentang animasi 3D yang dapat dilakukan menggunakan program Blender. Blender merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat model 3D serta melakukan animasi 3D. Blender digunakan oleh beberapa perusahaan animasi terkenal untuk membuat film animasi 3D yang menarik. Kita juga boleh bertanya ke narasumber saat DigiLabs. Kami juga belajar tentang bagaimana industri animasi diperlakukan dalam industri film. Banyak animator Indonesia pergi ke luar negeri untuk belajar dan bekerja dalam industri animasi. Akibatnya karena industri animasi di Indonesia masih kurang dihormati dan sumber daya serta edukasi tentang animasi kurang baik dan tidak banyak di Indonesia.

 

Jadi hal hal yang dapat disimpulkan dari DigiLabs adalah dampak internet bagi remaja serta cara untuk memanfaatkannya, hal-hal yang terkait dengan sinematografi seperti pembuatan film, aspek-aspek pembuatan film, dan animasi. Menurut saya DigiLabs sangat bermanfaat bagi kita karena mengajarkan kita tentang manfaat teknologi serta bagimana kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Pada acara DigiLabs, peserta yang bertanya kepada narasumber akan mendapat hadiah dari POMG berupa Voucher GoPay. Kemudian juga ada kompetisi untuk membuat video tentang pentingnya memakai masker dan pemenang kompetisi tersebut akan mendapat hadiah dari narasumber DigiLabs.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Etis Bermedia Sosial

Pengalaman Saat Liburan Sekolah